Tiga Galaksi ini Bermain “Tarik Tambang”

  • Bagikan
Foto : ESA/Hubble & NASA, J. Dalcanton

Sriwijayatimes.id – Teleskop Hubble milik NASA secara teratur menangkap gambar alam semesta yang menakjubkan di sekitar kita dan terkadang NASA menyoroti foto-foto yang sangat mencolok. Salah satu gambar terbaru yang disorot oleh badan antariksa Amerika Serikat ini, menampilkan tiga galaksi yang terlibat dalam pertempuran ‘tarik-menarik’ galaksi. Menurut NASA, galaksi-galaksi itu adalah bagian dari kumpulan ‘aneh’.

Sistem yang ditampilkan dalam gambar, yang disorot oleh NASA pada 30 Juli, disebut Arp 195; itu adalah bagian dari “Atlas Galaksi Aneh,” yang merupakan daftar galaksi aneh dan unik dan “luar biasa” di alam semesta di sekitar kita. Dalam hal ini, ketiga galaksi berinteraksi satu sama lain.

Tarik-menarik ini, sebagaimana NASA menyebutnya, adalah pertempuran gravitasi yang perlahan menggabungkan ketiga galaksi tersebut.

Baca Juga  Para Ilmuwan Mendeteksi Uap Air di Atmosfer Satelit Terbesar Jupiter

Keterangan gambar yang diposting oleh halaman Instagram resmi Hubble NASA

NASA menjelaskan bahwa pengamatan menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble adalah “sangat berharga,” itulah sebabnya pengamatan yang direncanakan, dihitung menggunakan algoritme dan kemudian dijadwalkan. Sesekali, sistem ini memberikan waktu lebih bagi Hubble untuk melakukan pengamatan lain yang menghasilkan gambar bonus.

NASA lebih lanjut menjelaskan bahwa pengamatan tambahan seperti ini lebih dari sekadar memberikan gambar yang menakjubkan – mereka juga membantu mengidentifikasi target yang menjanjikan untuk diikuti dengan teleskop seperti Teleskop Luar Angkasa NASA/ESA/CSA James Webb yang akan datang.

(***/ew)

  • Bagikan