NASA Sekarang Memiliki Dua Sampel Batuan Mars dan Target ketiga Telah Dipilih

  • Bagikan

Hanya dua hari setelah berhasil memperoleh sampel batuan Mars pertamanya untuk disimpan dalam tabung titanium, NASA mengumpulkan dan menyimpan sampel kedua — dan sudah mencari tempat yang tepat untuk mengebor inti ketiganya. Badan antariksa telah menamai dua sampel pertama ini “Montdenier” dan “Montagnac,” dan mereka telah mengungkapkan beberapa detail tentang planet Mars.

Ketekunan dilengkapi dengan sistem yang memungkinkannya untuk mengebor sampel batuan tipis seperti pensil dari permukaan Mars, kemudian menyimpan dan menyegelnya dalam tabung titanium kecil. Tabung-tabung ini akan ditempatkan di tempat yang berbeda di Mars untuk misi bersama di masa depan antara NASA dan ESA untuk diambil. Tujuannya adalah untuk mempelajari sampel batuan di Bumi.

Setelah upaya pertama yang gagal, NASA mengumpulkan sampel batuan pertamanya pada 6 September 2021 — dan, dalam pengumuman hari ini, Minggu (12/8/2021) terungkap bahwa sampel kedua dikumpulkan pada 8 September 2021. Pada titik ini, sepertinya pengumpulan sampel ketiga akan dilakukan di sebuah wilayah bernama South Séítah, yang berjarak sekitar 200 meter dari tempat rover Perseverance saat ini berada.

Sementara dua sampel batuan pertama kemungkinan merupakan bagian dari lapisan batuan termuda Kawah Jezero, lokasi South Séítah kemungkinan akan memberikan inti batuan yang lebih tua, menawarkan pemahaman yang lebih luas kepada para peneliti tentang lanskap dan garis waktu geologis planet ini. Namun, upaya pengumpulan ketiga kemungkinan tidak akan terjadi untuk sementara waktu.

Pada awal Oktober, NASA berencana untuk membawa penjelajah Mars ke mode stand-down selama beberapa minggu saat Planet Merah mengalami konjungsi matahari. Ini adalah tindakan keamanan yang akan membantu melindungi penemu. NASA mengatakan bahwa kemungkinan tidak akan memindahkan rover ke target ketiga dan mengumpulkan sampel sampai setelah periode waktu henti ini berakhir.***/adr

  • Bagikan