Catat Jadwal dan Syarat Penerima Set Top Box TV Digital Gratis!

  • Bagikan

Ototech.sriwijayatimes.id – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan penyelenggara multiplexing dikabarkan akan membagikan Set Top Box TV Digital gratis.

Kabar ini dibarengi dengan keputusan pemerintah untuk menghentikan TV analog atau dikenal dengan sistem Analog Switch Off (ASO) yang akan dilakukan secara bertahap sebanyak tiga kali. Penghentian TV analog akan dilakukan pada 30 April 2022 mendatang.

Kemkominfo dan penyelenggara multiplexing juga telah menetapkan tanggal pembagian Set Top Box TV Digital gratis untuk masyarakat Indonesia. Prioritas pemerintah adalah rumah tangga miskin, untuk tahap pertama ini.

Akan ada sebanyak 3.203.854 atau 3,2 juta Set Top Box TV Digital gratis yang siap dibagikan ke 56 wilayah yang mencakup 166 kabupaten atau kota di Indonesia.

Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ismail, menyebutkan bahwa proses distribusi Set Top Box TV Digital gratis ini akan mulai dilakukan pada 15 Maret sampai 30 April 2022. Sementara itu, proses pemberian TV digital dilakukan menggunakan cara door to door ke penerima bantuan.

Set Top Box TV Digital gratis itu ditujukan untuk rumah tangga miskin. Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, jumlah rumah tangga miskin di Indonesia, saat ini, mencapai 7,9 juta KK.

Syarat Penerima Set Top Box Gratis

  • Syarat utama penerima bantuan ini adalah rumah tangga miskin yang masih menggunakan TV analog di rumahnya
  • Petugas yang melakukan distribusi akan melakukan validasi dan verifikasi langsung kepada calon penerima bantuan. Proses ini dilakukan dengan cara mencocokkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan Kartu Keluarga (KK)

Mekanisme Pendistribusian Set Top Box TV Digital Gratis

  1. Pengiriman ke lokasi di penerima bantuan melalui gudang penyelenggara pos atau logistik di 341 kabupaten atau kota.
  2. Kemudian, pendistribusian dilakukan pintu ke pintu rumah tangga miskin
  3. Sebelumnya, petugas akan melakukan proses validasi data dan verifikasi berkas penerima bantuan dengan meminta KTP dan KK rumah tangga miskin
  4. Apabila data tidak sesuai, maka mereka tidak berhak mendapatkannya
  5. Jika berhasil, petugas bisa langsung melakukan serah terima 
  6. Petugas akan membantu proses pemasangan langsung TV digital tersebut 

Itulah informasi lengkap mengenai Set Top Box TV Digital dan syarat penerima set top box gratis. Semoga informasi ini bermanfaat.

  • Bagikan