Asteroid Seukuran Piramida Mesir Melintas Mendekati Bumi

  • Bagikan

Sriwijayatimes.id, OKU Timur – Kebanyakan orang mungkin akrab dengan piramida di Mesir, terutama yang terbesar yang dikenal sebagai Piramida Agung Giza. Sebuah asteroid seukuran piramid itu akan melewati Bumi hari ini tanpa kemungkinan tumbukan. Asteroid tersebut bernama 2008 GO20, dan akan terbang melintasi Bumi pada 26 Juli 2021dini hari.

Diameternya sekitar 400 ft (121 m), dan jarak terdekatnya ke Bumi Sekitar 4.5 juta kilometer. Itu jarak yang sangat jauh tetapi relatif dekat dalam skema kosmik. Asteroid itu terbang melewati Bumi dengan kecepatan 29.000 kilometer per jam.

Dikutip dari slashgear, Minggu (25/7/2021), NASA selama ini terus melacak semua asteroid yang dekat atau mendekat ke Bumi. NASA juga selalu mencari asteroid baru dan tidak dikenal yang dapat menimbulkan potensi ancaman bagi Bumi.

Menurut keterangan NASA, asteroid seukuran GO20 2008 tidak cukup besar untuk menimbulkan ancaman global bagi kehidupan di Bumi, tetapi masih dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan dan berpotensi kematian bagi orang-orang di darat di area terbatas.

NASA menganggap asteroid yang melintas dalam jarak 7,4 juta kilometer dari Bumi dan dengan ukuran diameter lebih besar dari 149 meter yang berpotensi berbahaya jika menabrak Bumi.

Asteroid terkadang membuat orbitnya, mereka ditarik keluar jalurnya oleh gravitasi planet dan objek lain yang mereka lewati, sedikit mengubah arahnya dari waktu ke waktu. Salah satu ketakutan dengan asteroid seperti ini adalah bahwa meskipun mereka mungkin melewati jarak yang jauh dari Bumi di orbit ini, hal itu berpotensi menimbulkan ancaman benturan di masa depan.

Asteroid GO20 2008 pernah melewati Bumi pada 4 Agustus 1901 dan 31 Juli 1935, NASA memperkirakan GO20 2008 akan kembali melintasi Bumi pada 24 Juli 2034.

(ew)

  • Bagikan